Laman

RAWATLAH KLIEN DENGAN HATI YANG CERIA DAN IKHLAS DENGAN PELAYANAN PRIMA!! ]
"Dan ketahuilah bahwasanya Allah mengetahui apa yang ada dalam hatimu maka takutlah ke pada-Nya (Al-Baqarah:235)"

Senin, 23 Juli 2007

SEKALA DEPRESI

SKALA DEPRESI

A. KESEDIHAN

3 Saya sangat sedih atau tidak gembira yang tak dapat ditahan

2 Saya sedih setiap waktu dan tidak dapat menghindarinya

1 Saya merasa sedih

0 Saya tidak merasa sedih

B. PESIMISME

3 Saya merasa masa depan tidak ada harapan dan segala sesuatunya tidak berkembang

2 Saya merasa tidak mempunyai tidak apa-apa untuk menhadapi masa depan

1 Saya merasa takut akan masa depan

0 Saya merasa tidak pesimis/takut akan masa depan

C. PERASAAN GAGAL

3 Saya merasa saya adalah orang gagal segala-galanya (orang tua, suami, atau istri)

2 Saya melihat banyak kegagalan pada masa lalu saya

1 Saya merasa lebih banyak gagal daripada orang lain

0 Saya tidak merasa gagal

D. KETIDAKPUASAN

3 Saya merasa tidak puas dalam segala hal

2 Saya tidak mendapatkan kepuasan lagi

1 Saya tidak dapat menikmati segala sesuatu yang saya kerjakan

0 Saya merasa puas

E. PERASAAN BERSALAH

3 Saya merasa bersalah dalam segala hal

2 Saya sering merasa bersalah

1 Saya kadang-kadang merasa bersalah

0 Saya merasa tidak bersalah

F. KETIDAKSUKAAN PADA DIRI SENDIRI

3 Saya benci dengan diri saya

2 Saya muak dengan diri saya

1 Saya kecewa dengan diri saya

0 Saya puas denga diri saya

G. BAHAYA DIRI

3 Saya ingin membunuh diri saya jika saya mempunyai kesempatan

2 Saya Saya rencana untuk bunuh diri

1 Saya lebih baik jika mati

0 Saya tidak berpikir untuk membahayakan diri

H. PENARIKAN DIRI

3 Saya kehilangan ketertarikan saya dengan orang lain dan tidak peduli dengan mereka

2 Saya kehilangan ketertarikan saya dengan orang lain dan saya mempunyai sedikit kepedulian dengan mereka

1 Saya kurang tertarik pada orang lain daripada biasanya

0 Saya tidak kehilangan rasa tertarik dengan orang lain

I. KETIDAKMAMPUAN MEMBUAT KEPUTUSAN

3 Saya tidak mampu sama sekali membuat keputusan

2 Saya sangat sulit membuat keputusan

1 Saya berusaha membuat keputusan

0 Saya dapat membuat keputusan dengan baik

J. PERUBAHAN GAMBARAN DIRI

3 Saya merasa jelek

2 Saya merasa ada perubahan tetap pada peampilan dan membuat diri saya terlihat tertarik

1 Saya kuatir bila saya terlihat tua dan tidak menarik

0 Saya tidak merasa tidak menarik

K. KESULITAN BEKERJA

3 Saya tidak dapat melakukan pekerjaan sama sekali

2 Saya harus memotivasi diri saya dengan kuat untuk mengerjakan sesuatu

1 Saya membutuhkan usaha yang lebih untuk mengerjakan sesuatu

0 Saya dapat bekerja seperti biasa

L. KELEMAHAN

3 Saya merasa terlalu lelah melakukan sesuatu

2 Saya merasa lelah karena melakukan sesuatu

1 Saya merasa cepat lelah untuk dapat memulai sesuatu

0 Saya tidak merasa lelah

M. ANOREKSIA

3 Saya tidak punya nafsu makan sama sekali

2 Nafsu makan saya memburuk

1 Nafsu makan saya tidak sebaik sebelumnya

0 Nafsu makan saya seperti biasa

SKORING:

0 – 4: Tidak ada depresi; 5 – 7: Depresi ringan; 8 – 15: Depresi sedang, > 16: Depresi berat

Tidak ada komentar: